Pemasaran
Pemasaran
tidak hanya mengenai penjualan, iklan atau promosi saja. Pemasaran merupakan
suatu proses yang utuh tentang kemampuan menawarkan barang atau jasa yang
tepat, dengan harga, waktu, dan lokasi yang tepat.
Untuk
mendapatkan hasil pemasaran yang sesuai, maka secara umum dapat dilakukan
proses pamasaran sebagai berikut:
a. Pengenalan pasar:
pemasar mengetahui potensi pembeli dan mengetahui akan kebutuhannya.
b. Strategi pasar:
strategi yang akan diterapkan dalam memasarkan barang atau jasa agar dapat
diterima oleh pasar.
c. Bauran
pemasaran: alat yang akan digunakan dalam menjalankan strategi yang telah
dipilih dan usaha lain dalam penyampaian nilai sehingga sesuai dengan keinginan
pembeli yang akan dituju.
d. Evaluasi
pemasaran: dilakukan untuk melihat keberhasilan usaha pemasaran yang telah
dilakukan.
Pengenalan pasar
Pengenalan pasar adalah
upaya untuk mengetahui jumlah, karakteristik, dan sifat sebuah pasar. Berikut
adalah beberapa teknik yang akan membantu anda dalam melakukan pengenalan pasar:
1. Mengelompokkan
pasar, hal terpenting dalam memasarkan barang atau jasa adalah mengetahui siapa
pembeli dan apa yang mereka butuhkan.
2. Masa
peredaran barang atau jasa, semua barang atau jasa memiliki siklus hidupnya
masing-masing, yaitu tahap perkenalan, tahap pertumbuhan, tahan kematangan, dan
tahap penurunan.
3. Analisis
SWOT, dapat dilakukan untuk mengetahui posisi usaha yang dijalankan dan posisi
usaha pesaing.
Menentukan strategi
pemasaran
Strategi pemasaran adalah
suatu cara yang digunakan untuk membantu kita membuat dan menjual barang dan
jasa yang sesuai dengan kondisi perusahaan dan pasar target atau selera
konsumen yang dituju.
1. Menembus
pasar, untuk menjangkau sasaran pembeli yang belum tercapai.
2.
Mengembangkan pasar, apabila sasaran pembeli lama sudah jenuh sehingga
perlu mencari sasaran pembeli baru dengan tetap menawarkan barang atau jasa
yang lama.
3.
Mengembangkan produk, mencakup perubahan barang atau jasa dengan tetap menggunakan cara produksi yang lama.
4.
Melakukan diversifikasi, dilakukan dengan cara mengembangkan produk baru
yang masih berkaitan dengan produk lama.
5.
Menerapkan biaya murah,didasarkan pada biaya input yang rendah.
6.
Memfokuskan pada pasar, dengan memberikan pelayanan khusus kepada pembeli
yang dapat membedakan dengan pelayanan yang diberikan para pesaing.
7.
Melakukan diferensiasi, berkonsentrasi pada penciptaan barang dan jasa
baru yang sangat berbeda.
Menentukan alat pemasaran
Alat pemasaran atau bauran
pemasaran yang dimaksud bukan hanya sekedar yang kita kenal dengan 4P yaitu
product (produk), price (harga), place (lokasi), dan promotion (promosi), namun
ditambah dengan distribusi, pelayanan, dan kekuasaan (power).
1. Hal
yang diperlukan dalam menghasilkan produk
a. Paduan
produk: jenis-jenis barang atau jasa yang harus ada dalam satu produk yang
dijual.
b. Penampilan
produk: tidak hanya meliputi kondisi fisik, melainkan simbolnya.
c. Pendukung
produk: berupa pemberian kesan yang mendalam terhadap produk yang dijual.
2. Hal
yang diperlukan dalam menyampaikan barang sampai ke pembeli (distribusi)
Pendistribusian barang
dapat dilakukan langsung ke pembeli yang datang, barang yang diantar ke
pembeli, atau menggunakan perantara (agen, pedagang besar, toko-toko atau
supermarket dan system waralaba.)
3. Hal
yang diperlukan dalam memilih lokasi usaha yang tepat
Memilih lokasi hendaknya
memperhatikan kemudahan dan kedekatan dengan pembeli.
4. Hal
yang diperlukan dalam menentukan harga yang tepat
Penentuan harga dillakukan
dengan cara menetapkan harga psikologis, harga paket, harga gengsi, dan harga
penuntun.
5. Hal
yang diperlukan dalam mencari bentuk promosi yang murah dan memilih iklan yang
tepat.
Promosi yang dilakukan
dapat berbentuk hubungan masyarakat, publisitas, promosi penjualan, hiasan
toko, dan iklan.
6. Hal
yang diperlukan dalam penjualan produk
Semua usaha apapun dalam
pemasaran harus ada penutupan (closing) yaitu dengan adanya penjualan.
7. Pemanfaatan
kekuasaan
Pemanfaatan kekuasaan
melalui pendekatan dengan orang-orang yang menentukan kebijakan.
Lebih dari semuanya adalah
bagaimana menyampaikan keseluruhan nilai pada konsumen.
Menyusun Rencana Pemasaran
- Gambaran usaha yang sedang atau akan anda jalankan
- Memosisikan produk
- Menetapkan visi dan misi
- Menentukan jangka waktu pemasaran dan tujuan pemasaran
- Melakukan analisis SWOT
- Memilih strategi yang tepat sesuai dengan analisis SWOT
- Menetapkan alat pemasaran
- Membuat bagan rencana pelaksanaan pemasaran
- Menentukan ukuran keberhasilan
0 komentar :
Posting Komentar