Kamis, 11 April 2013

Kisah Sukses Wirausaha Jamur Kriuk


Kisah sukses ini datang dari seorang wirausaha jamur kripik yang di pegang oleh seorang laki-laki bernama Fatoni. Jangan salah, waralaba Jamur Kriuk yang ia geluti sekarang ini dapat meraup kauntungan yang cukup besar. Pada awalnya ia pernah berbisnis di bidang konstruksi dan penerbitan akan tetapi mengalami kegagalan. Ia pun pernah menjadi seorang pengangguran karena sulitnya mencari pekerjaan di Jakarta. Namun setelah ia menikahi seorang gadis pujaannya Lita Desita Permatasari, pintu kesuksesan pun terbuka lebar di matanya.
Fatoni berasal dari Purwokerto Jateng yaitu Pemilik CV MKA (Manggala Karya Abadi) ini memang berangan-angan menjadi Wirausaha Sukses semenjak ia kecil.
Pada masa sekolah ia tak segan untuk berjualan beras ke tetangga kost nya. Semuanya ia lakukan karena untuk mencapai cita-citanya sebab orang tua Fatoni hanya memberi kiriman yang pas-pas an saat ia bersekolah di Cilacap dan tak cukup untuk membayar sewa kost dan biaya hidupnya saat berada di sana. Tetapi usahanya ini tak berhasil karena ia kena tipu oleh teman kostnya hingga ia pun tak mempunyai modal dagang lagi.
Magister manajemen, gelar yang didapat Fatoni dari hasil Kuliahnya di Jakarta. Usaha membangun bisnis selalu Fatoni lakukan, akan tetapi yang di dapatkan hanya kegagalan. Itu semua tak membuat Fatoni patah semangat.
Ia juga mencari pekerjaan dari satu perusahaan ke perusahaan lain diantaranya adalah perusahaan perbankan dan otomotif. Namun hampa yang ia peroleh.
Akhirnya ia memutuskan pulang ke Purwokerto.  Meskipun tak punyai pekerjaan ia bertekad menikahi Lita Desita Permatasari.
Fatoni memulai membangun bisnisnya dengan sang istri. Ia membantu usaha rumah makan milik mertuanya. Berawal dari sinilah Fatoni menemukan konsep “waralaba” nya dan langsung ia bicarakan dengan istrinya.
Ia bereksperimen dengan menyuruh istrinya membuat olahan jamur goreng dengan rasa yang bervariasi. Dan benar, jamur goreng yang ia ciptakan bersama istri ini memiliki rasa yang menggoyang lidah dengan sensasi crispy nya.
Tak selang berapa lama kripik jamur itu sangat laku di pasaran. Banyak sekali yang minati produknya  ini. Suksesnya ini juga berkat pergaulan Fatoni yang lues sehingga ia dapat dengan mudah menjaring pelanggan.
Tak lepas dari kerja kerasnya,tanggung jawab,dan sifat tak pantang menyerah serta pergaulan yang lues dapat membuat ia berhasil menjadi seorang Wirausaha yang sukses. Dan semoga kisah ini dapat menginspirasi anda untuk berhasil meraih kesuksesan yang anda harapkan hari esok.

3 komentar :

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. Menurut saya, dari kisah Fatoni seorang wirausaha yang sukses ini kita dapat mengambil pembelajaran bahwa "kegagalan itu adalah kunci keberhasilan". Dari usaha yang kini ia geluti yaitu usaha jamur kriuknya itu dapat menghasillkan laba yang cukup besar. Meskipun ia memulai usaha dari bidang konstruksi dan penerbitan yang sebelumnya mengalami kegagalan bahkan smpat menjadi pengangangguran, namun inilah yang dibilang pucuk dicinta ulam pun tiba. Ketika kesulitan mencari pekerjaan di Jakarta ia rasakan akhirnya ia menikahi seorang wanita yang merupakan kunci awal kesuksesannya. Cita-citanya sejak kecil menjadi wirausaha sukses dapat terlihat dari kegigihannya saat bersekolah jauh dari orang tua dan merasakan suka duka menjadi anak kostan. Gelar yang telah ia dapatkan saat kuliah pun belum menjamin kesuksesannya, namun dari usaha yg gagal itu sifat fatoni yang patut kita teladani adalah tidak mudah menyerah. Ia terus mencari pekerjaan namun hasilnya tetap nihil. Akhirnya ia memutuskan untuk kembali ke kampung halamannya dan menikahi seorang gadis yang sekarang menjadi istrinya dalam membangun bisnis keluarga. Hasilnya ia mendapatkan ide untuk membuka usaha sendiri bersama sang istri dengan konsep "waralaba" dan menciptakan makanan jamur crispy lezat yang banyak diminati di pasaran. Jadi, sukses yang fatoni dapatkan ini juga berkat pergaulan Fatoni yang lues sehingga ia dapat dengan mudah menjaring pelanggan. Kemudian kerja kerasnya ,tanggung jawab dan sifat tak pantang menyerah serta pergaulan yang lues dapat membuat ia berhasil menjadi seorang Wirausaha yang sukses patut kita teladani.

    BalasHapus